ALEXANDER FLEMING –PENEMU PENISILIN (ANTIBIOTIK PERTAMA)



Nama : Sir Alexander Fleming

Lahir : Ayrshire, Skotlandia, 06 Agustus 1881

Wafat : London, Inggris, 11 Maret 1955

Orang Tua : Hugh Fleming (ayah), Evelyn St. Croix Fleming (ibu)

Istri : Amalia Fleming, Sarah Fleming

Anak : Robert Fleming

💨 Dalam Biografi Alexander Fleming diektahui ia akhirnya mendaftar di St Mary’s Hospital Medical School dan mendapatkan gelar MBBS pada tahun 1906. Tamat dari sekolah kedokteran Rumah Sakit St. Mary di London, Fleming menyibukkan dirinya dalam penelitian tentang sistem kekebalan tubuh.

Ia ditugaskan sebagai dokter tentara ketika Perang Dunia 1 sedang berkecamuk. Alexander Fleming mempelajari bagaimana infeksi bisa terjadi pada luka. Fleming sadar, apa yang diperlukan adalah sesuatu yang selain dapat membunuh bakteri tetapi tidak merusak dan tidak berbahaya buat sel tubuh manusia.

💨 Pada tahun 1928 ia melihat bahwa selain bakteri, jamur kapang telah mulai tumbuh dalam cawan pertumbuhan dan bahwa pertumbuhan bakteri telah terhambat di sekitar kapang. Dia menyimpulkan bahwa jamur tersebut mengandung zat yang efektif melawan bakteri. Zat itu diberi nama penisilin dan menjadi dasar pengobatan untuk mengobati infeksi bakteri.

💨 Penemuan Alexander Fleming saat itu mengalami kendala. Penicilin terbukti tidak stabil dan sulit diproduksi dalam bentuk murni. Ernst Boris Chain, Howard Florey, dan rekan-rekan mereka kemudian melanjutkan penelitiannya dan berhasil memproduksi secara sistematis bentuk penisilin murni pada awal 1940-an dan menyelidiki sifat-sifatnya secara lebih rinci. Upaya tambahan ini mengarahkan pada industri untuk dapat memproduksi dalam jumlah yang lebih besar.

Nah, itu dia tokoh pertama yang kita bahas 😎 Tunggu pembahasan tokoh-tokoh yang lainnya ya🧐

Sumber:

https://www.biografiku.com/biografi-alexander-fleming/ https://www.nobelprize.org/prizes/medicine/1945/fleming/facts/

Comments