BERBAGI, PEDULI, BERSAMA MELAWAN COVID-19

            
        
        Hari Minggu pagi tanggal 19 April 2020 telah dilaksanakan kegiatan Rutin Baksos oleh Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Sidoarjo. Kegiatan tahunan kali ini tidak memberikan pengobatan gratis, pembagian brosur edukasi, atau pembagian takjil pada bulan Ramadhan kepada masyarakat. Mengingat adanya situasi yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan baksos secara bersama sama. Tetap jaga jarak aman dan menghindari kerumunan massa maka baksos kali ini adalah pembagian sembako gratis dan pembagian handsanitizer + masker kepada masyarakat dengan menyusuri jalan dan langsung memberikan kepada yang berhak menerimanya.


          Baksos diikuti oleh 36 Apoteker di Sidoarjo yang terdiri dari pengurus PC dan anggotanya. Setiap Apoteker peserta baksos selain mengenakan rompi IAI juga wajib memakai masker dan sarung tangan sebagai dukungan sosial distancing salah satu upaya mencegah penyebaran COVID-19. Pembagian sembako dan handsanitizer + masker dibagi dalam 5 titik wilayah sasaran yaitu :
1.     Daerah Bluru. Mengarah ketempat tinggal pemulung dan sekitarnya.
2.     Daerah GOR + Taman Pinang.
3.     TPA Delta Praloyo LingkarTimur.
4.     TPA Puri Indah Cemengkalang + PasarSuko.
5.     Daerah Buduran dan Gedangan.
          Tiap titik sasaran diutamakan tukang becak, ojol, tukang parkir, pemulung, dan lain-lain. Maka semua peserta baksos dibagi rata ke 5 titik sasaran tersebut. Kegiatan baksos wajib naik mobil untuk tetap menjaga jarak aman dengan masyarakat dan menghindari kerumunan.

         
        Adapun sembako yang dibagikan gratis kepada masyarakat berjumlah 250 paket yang berupa : beras 3 kg, gula 1 kg, minyak 1 L, mi instan (5), biskuit kaleng (1),dan masker. Selain sembako ada juga pembagian handsanitizer 60 ml sebanyak 1000 tube, masker 600 pcs, permen antangin 270 pak. Ada pula larutan antiseptik 1 liter sebanyak 100 jirigen dibagikan gratis ketempat- tempat ibadah, kantor polisi dan koramil di wilayah Sidoarjo.

     
Alhamdulilah kegiatan baksos ini berjalan lancar dan aman dengan tetap memperhatikan social distancing. Pembagian sembako dan lain lain telah disalurkan secara merata diwilayah yang telah ditentukan dan telah tepat sasaran. Kegiatan ini dilakukan dengan sangat hati hati dan menghindari kerumunan demi menjaga keselamatan bersama supaya terhindar dari penularan wabah COVID-19.

         
         Terimakasih tak terhingga kepada semua peserta baksos yang telah melaksanakan eksekusi baksos dengan sangat baik dan bersemangat. Terimakasih juga disampaikan kepada semua donatur yang dengan ikhlas telah memberikan donasi baik berupa uang maupun barang sehingga kegiatan baksos berjalan sesuai harapan. Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada panitia yang juga sebagai pengurus PC IAI Sidoarjo yang telah dengan sabar dan meluangkan waktu untuk membantu terlaksana nya kegiatan baksos ini sehingga kegiatan berjalan sesuai rencana.

       
 Bersama kita bisa perangi COVID-19. Bersama kita peduli dan berbagi kepada masyakarat yang saat ini mendapatkan kesulitan secara ekonomi karena dampak wabah COVID-19. Saling mendukung supaya kita semua dapat dengan sabar dan tabah menghadapi kehidupan yang sulit ini. Tetapdirumah aja, kerja dirumah, belajar dirumah, ibadah dirumah, sering cuci tangan, dan pakai masker ketika di luar rumah untuk membantu memutus mata rantai COVID-19.

Salam sehat
Salam Apoteker
21. 04. 2020
Humas PC IAI Sidoarjo.

Comments