Semaraknya Seminar dan Rakercab PC IAI Sidoarjo 2019


SEMINAR DAN RAKERCAB IKATAN APOTEKER INDONESIA
KABUPATEN SIDOARJO

Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Sidoarjo mengelar seminar sekaligus rapat kerja cabang, Sabtu (14/09/2019).

Kabupaten Sidoarjo – Dalam meningkatkan pelayanan kefarmasian Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Sidoarjo menggelar seminar di Fave Hotel Sidoarjo, yang mengusung tema “Management of Type 2 Diabetes on Daily Life”. Pembicara pada seminar kali ini dari dr. Dewanto Tedjopranoto, Sp.PD. dan Lisa Aditama, S.Si., M.Farm.Klin., Apt. Dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Jawa Timur Dr. Abdul Rahem, M.Kes., Apt., Ketua Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sidoarjo AKBP Tony Sugiyanto, serta Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo yang diwakili oleh Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan Dra. Ida Ernani, M.Kes., Apt.
Seminar & Rakercab PC IAI Sidoarjo tahun ini juga dihadiri oleh 3 orang mantan Ketua PC IAI Sidoarjo pada periode sebelumnya. Dan juga organisasi profesi kesehatan antara lain Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Sidoarjo, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Sidoarjo dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sidoarjo. Dengan jumlah peserta yang luar biasa lebih dari 600 orang yang hadir, bahkan beberapa hari sebelum pelaksanaan Seminar & Rakercab pendaftar peserta kuota sudah penuh.
Selain seminar ada agenda lain yang pertama penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kerjasama antara Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Sidoarjo dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sidoarjo. Perlu diketahui pada tahun ini merupakan kerjasama periode ke 2 antara PC IAI Sidoarjo dengan BNN Sidoarjo yang sebelumnya sudah dilakukan oleh PC IAI Sidoarjo peiode sebelumnya.  
Kedua diadakan pelantikan PC IAI Sidoarjo periode 2019-2023 yang langsung dipimpin oleh Ketua PD IAI Jawa Timur Dr. Abdul Rahem, M.Kes., Apt. Dan pada periode kali ini Tri Widiyartiningsih, S.Si., Apt. menjabat kembali sebagai Ketua PC IAI Sidoarjo periode 2019-2023. Tri Widiyartiningsih, S.Si., Apt. akan dilantik dengan 30 pengurus lainnya yang terpilih menjadi pengurus baru.
Pada tahun ini ada yang berbeda dari tahun sebelum-sebelumnya misalnya soft launching batik PC IAI Sidoarjo serta dialog spesial dari 2 instansi yang penting yaitu dari Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sidoarjo dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoatjo. Pemateri pertama dari DPMPTSP diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Promosi DPMPTSP Wahyu Herison Made, S.STP yang akan berbicara terkait perizinan apotek era digital seperti sekarang ini. Kedua dari Dinas Kesehatan Sidoarjo diwakili oleh Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas kesehatan Kabupaten Sidoarjo Sri Yuliwati, S.KM. yang akan berbicara mengenai sosialisasi Koalisi Organisasi Profesi dalam penanggulangan TB (KOPI TB) diharapakan setelah pensosialisasian terkait KOPI TB ini apoteker sidoarjo dapat membantu dalam mengurangi jumlah pasien TB serta mengedukasi pasien agar tidak putus obat khususnya di Sidoarjo.
Acara terakhir dari kegiatan ini ialah penyusunan program kerja PC IAI Sidoarjo Periode 2019-2023. Diharapkan dari program kerja masing-masing bidang akan berdampak baik dan antara pengurus dengan anggota dapat bersinergi demi melaksanakan pengembangan pendidikan apoteker berkelanjutan guna mendapatkan dan menambahkan pengentahuan di bidang kefarmasian, meningkatkan pengetahuan apoteker dalam penggunaan obat yang rasional serta meningkatkan pengabdian apoteker terhadap masyarakat cerdas menggunakan obat untuk kelangsungan hidup yang lebih sehat. (YN)
 
Suasana registrasi dengan system scan barcode,yang dibantu oleh personel dari Laboratorium Pramita,  memudahkan dan mempercepat proses registrasi
Sambutan dari Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Jawa Timur Dr. Abdul Rahem, M.Kes., Apt.

Sambutan dari Ketua Pengurus Cabang IAI Sidoarjo Tri Widiyartiningsih, S.Si., Apt.

Sambutan dari perwakilan Dinas Kesehatan Sidoarjo yang diwakili oleh Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan
Dra. Ida Ernani, M.Kes., Apt.
Suasana pelantikan PC IAI Sidoarjo periode 2019-2023 yang langsung dipimpin oleh Ketua PD IAI Jawa Timur

Ketua PC IAI Sidoarjo berfoto bersama para tamu undangan dan pembicara

 Penandatanganan MoU Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Sidoarjo dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sidoarjo

Pertunjukan tari dan peresmian batik IAI Sidoarjo

 “Management of Type 2 Diabetes on Daily Life”. Pembicara pada seminar kali ini dari dr. Dewanto Tedjopranoto, Sp.PD. dan Lisa Aditama, S.Si., M.Farm.Klin., Apt.

Pemateri dari DPMPTSP diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Promosi DPMPTSP Wahyu Herison Made, S.STP yang berbicara terkait perizinan apotek terbaru




Comments