HARI APOTEKER SEDUNIA 2019




HARI APOTEKER SEDUNIA 2019

    World Pharmacist Day (WPD) atau dalam bahasa Indonesia adalah Hari Apoteker Sedunia selalu diperingati oleh para apoteker setiap tanggal 25 September. Tiap negara pasti punya cara dalam menyambut dan memperingari WPD setiap tahunnya. Menyambut dengan sukacita dan totalitas yang tinggi pastinya. Tidak terkecuali bagi Apoteker Indonesia.

     Pimpinan Pusat Ikatan Apoteker Indonesia telah mengeluarkan edaran resmi untuk memperingati Hari Apoteker Sedunia 2019. Sesuai petunjuk dan arahan dari PD IAI Jatim maka PC IAI Sidoarjo telah melaksanakan 3 acara yaitu :

1.       Pemasangan spanduk WPD 2019
2.       APOCIL ( Apoteker Cilik )
3.       Branding Apoteker di CFD

1.            Pemasangan spanduk WPD 2019.
Pembuatan spanduk WPD 2019 dilaksanakan oleh bidang kesejahteraan dan melibatkan pengurus yang lain. Spanduk didukung oleh beberapa sponsor sehingga pengadaan spanduk WPD tidak di bebankan biaya kepada anggota alias free. Alhamdulillah banyak anggota PC IAI Sidoarjo yang antusias terhadap pemasangan spanduk WPD 2019. Total peserta spanduk sebanyak 372 apoteker dari 316 instansi.

2.             APOCIL ( Apoteker Cilik ).
Acara ini adalah acara yang paling spesial dan spektakuler untuk tahun ini maupun tahun tahun sebelumnya. Dicanangkannya Apoteker Mengajar serentak disekolah-sekolah di seluruh wilayah Indonesia pada tanggal 12 Oktober 2019. Acara APOCIL ini mengusung tema “Bersama Apoteker Mengenali Obat Sejak Usia Dini”. Untuk PC IAI Sidoarjo diikuti oleh 51 apoteker dan jumlah peserta sebanyak 573 siswa dari 7 Sekolah Dasar dengan sasaran siswa kelas 4 dan kelas 5 di wilayah Sidoarjo. Karena dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia maka apoteker Indonesia memperoleh penghargaan MURI Apoteker Mengajar serentak dengan jumlah siswa terbanyak di Indonesia. Untuk wilayah kabupaten Sidoarjo acara APOCIL dilaksanakan di aula SMP Negeri 2 Sidoarjo dan dihadiri oleh pihak PP IAI, PD IAI Jatim, pihak MURI, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo. Acara Apoteker Mengajar ini dimeriahkan dengan gerak dan lagu jingle APOCIL bersama-sama seluruh siswa dan apoteker, lomba bercerita oleh siswa, permainan benar salah.
Suasana Pengenalan Obat Sejak Usia DIni (APOCIL) di salah satu sekolah dasar di Sidoarjo
          Sungguh menjadi kehormatan yang luar biasa bagi PC IAI Sidoarjo yang terpilih
sebagai tuan rumah untuk prosesi penyerahan penghargaan MURI kepada Ikatan Apoteker
Indonesia dengan ini diwakili oleh PP IAI.

Penyerahan penghargaan MURI kepada Ikatan Apoteker Indonesia dilakukan di Sidoarjo

3.            Branding Apoteker di CFD.
Apoteker berhadapan langsung dengan masyarakat untuk mengedukasi dan mengajak cerdas menggunakan obat dilakukan di acara Car Free Day. PC IAI Sidoarjo kali ini branding apoteker dilaksanakan di Monumen Jayandaru alun-alun Sidoarjo pada hari minggu tanggal 13 Oktober 2019. Acara Car Free Day ini diikuti oleh 184 Apoteker. Selain membagikan brosur DaGuSiBu kepada pengunjung CFD sesuai dengan tema CFD WPD 2019 juga membuka tenda pojok konsultasi dan senam bersama masyarakat pengunjung CFD yang di selenggarakan bersama dengan pihak FORMI Sidoarjo. Keseruan dalam acara ini tampak pada momen bagi-bagi hadiah langsung dari para apoteker kepada masyarakat pengunjung CFD. Acara ini lebih istimewa karena dihadiri oleh PP IAI yang turut membaur dengan pengunjung CFD. Foto bersama para apoteker di depan Monumen Jayandaru dengan meneriakkan yel yel penuh suka cita menjadi acara pamungkas Car Free Day di alun-alun Sidoarjo.


Suasana saat penyuluhan DAGUSIBU di CFD Sidoarjo, dalam rangka branding apoteker
Demikian uraian kegiatan PC IAI Sidoarjo dalam menyambut dan memeriahkan hari Apoteker Sedunia 2019. Tentulah tidak akan lancar dan sukses bila tidak ada keterlibatan dari semua pihak di acara WPD kali ini. Diucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran PP IAI, PD IAI Jatim, Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, dan pihak MURI di acara WPD 2019  PC IAI Sidoarjo. Terimakasih juga kami sampaikan kepada pihak FORMI Sidoarjo yang turut membantu penyelengaraan acara senam bersama di CFD. Terimakasih tak terhingga atas partisipasi yang antusias dari semua anggota PC IAI Sidoarjo sehingga rangkaian acara WPD 2019 berjalan dengan lancar dan meriah.

Salah satu media lokal meliput kegiatan APOCIL yang memecahkan rekor MURI


Sukses Selalu untuk PC IAI Sidoarjo
Salam Apoteker.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               (EKS@Humas)

Comments