Mengenal Studi Kelayakan Rencana Praktek Apoteker

Berdasarkan Surat Keputusan No: Kep/001/PC.IAI/Sidoarjo/V/2022, yang ditetapkan pada tanggal 21 Mei 2022, tentang pengajuan rekomendasi surat izin praktik apoteker (SIPA) di apotik dari organisasi profesi di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Diputuskan bahwa bagi para pemohon rekomendasi SIPA di apotek, diwajibkan untuk melakukan presentasi proposal studi kelayakan rencana praktik apoteker.

Proposal Studi Kelayakan sekurang-kurangnya memuat kajian tentang: 

a. Kebutuhan pelayanan (urgensi penambahan praktik apoteker di lokasi yang diajukan); 

b. Kebutuhan sarana dan fasilitas, kebutuhan dana, dan kebutuhan tenaga (SDM); 

c. Kemampuan pembiyaan serta rencana anggaran dan belanja (RAB); 

d. Rencana praktik apoteker dan pelayanan farmasi yang dilakukan; 

e. Dokumen praktik apoteker yang terkait prosedur tetap (SOP) dan rekam pengobatan pasien (PMR). 

Presentasi Proposal Studi Kelayakan Rencana Praktik Apoteker di Apotek dihadiri oleh tim rekomendasi pengurus cabang dan perwakilan KORWIL yang ditetapkan oleh Ketua Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Sidoarjo. Presentasi Proposal Studi Kelayakan Rencana Praktik Apoteker di Apotek selambatlambatnya dilaksanakan 6 (enam) hari setelah dokumen diajukan oleh pemohon. 

Apabila dalam pemeriksaan berkas dan/atau hasil presentasi proposal dianggap belum memenuhi persyaratan (dianggap tidak layak) maka permohonan rekomendasi SIPA akan dikembalikan untuk diperbaiki. Pemohon dapat mengajukan perbaikan/ peninjauan kembali selambat-lambatnya dalam tenggat waktu 21 (dua puluh satu) hari kerja, apabila pemohon tidak dapat memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud, maka pengurus cabang menolak pengajuan rekomendasi SIPA anggota. 

Apabila setelah perbaikan/ peninjauan kembali masih dinyatakan tidak memenuhi persyaratan (dianggap tidak layak) maka permohonan rekomendasi SIPA akan dinyatakan ditolak. 

Untuk informasi yang lebih mendalam Sejawat dapat melihat SK tersebut di atas pada tautan yang tersedia di bawah.

SK: Kep/001/PC.IAI/Sidoarjo/V/2022

Contoh studi kelayakan rencana praktik apoteker dapat Sejawat unduh melalui tautan di bawah ini:

Contoh Studi Kelayakan Praktek Apoteker di Apotik

Comments